PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN

Apa itu perkembangbiakan? 

Perkembangbiakan merupakan Kemampuan makhluk hidup untuk berkembang biak atau menghasilkan keturunan atau anak. Adapun tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk melestarikan jenisnya supaya keturunannya mewarisi sifat-sifat biologis dari induknya. Perkembangbiakan pada setiap makhluk hidup memiliki cara yang berbeda-beda manusia hewan dan tumbuhan memiliki cara perkembangbiakannya sendiri. 

Adapun materi ini kita akan membahas tentang perkembangbiakan pada tumbuhan. 

PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN

Tumbuhan berkembang biak dengan dua cara yaitu secara generatif dan secara vegetatif. 

1. Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif yaitu cara perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan. 

Tumbuhan-tumbuhan yang perkembangbiakannya secara generatif dialami oleh tumbuhan berbiji yaitu melalui penyerbukan. Penyerbukan merupakan suatu peristiwa Jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik dan setelah adanya penyerbukan akan diikuti dengan pembuahan. Maka jika proses itu berhasil akan menghasilkan Calon tumbuhan baru dan apabila kita tanam bijinya atau bijinya jatuh ke tanah bijinya akan tumbuh menjadi tanaman baru.  

Alat untuk perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji secara generatif yaitu bunga bunga yang sempurna memiliki bagian-bagian yang terdiri dari tangkai bunga kelopak mahkota benang sari dan putik seperti terlihat pada gambar di bawah ini :



Pada bunga putik merupakan benang sari merupakan alat kelamin jantan. Benang sari terdiri dari sari dan kepala Sari di mana di dalam kepala Sari adanya butir-butir serbuk sari. Sedangan alat kelamin betina merupakan putik, bentuk putik berbentuk seperti botol yang lehernya lurus dan panjang.  

Gambar bagian-bagian benang sari dan bagian-bagian putik dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Ketika serbuk sari jatuh dan menempel di kepala putik maka di situlah akan terjadi penyerbukan lalu jika penyerbukan berhasil maka serbuk sari membuahi inti dari bakal biji, sel telur yang dibuahi akan tumbuh menjadi biji. Setelah itu biji tumbuh dan membentuk bakal tunas dan Bakal buah tumbuh menjadi buah bakal Tunas inilah yang merupakan Calon tumbuhan baru.  

Tanaman baru yang dihasilkan dari perkembangbiakan secara generatif ini sering mengecewakan karena lebih seringnya berbeda dari induknya sehingga banyak orang yang menyukai perkembangbiakan secara vegetatif khususnya vegetatif buatan. 


2. Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif merupakan perkembangbiakan tumbuhan yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Pada perkembangbiakan vegetatif hanya melibatkan satu induk saja. Perkembangbiakan secara vegetatif dibagi menjadi dua macam yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan.  

A. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami

Pada perkembangbiakan vegetatif alami tumbuhan baru terbentuk tanpa bantuan manusia. Adapun perkembangbiakan secara vegetatif alami terdiri dari:

1. Membelah diri contohnya ganggang hijau. 

2. pora tumbuhan yang berkembang biak dengan spora yaitu seperti jamur, paku dan ganggang. 

3. Akar tinggal atau rhizoma contohnya jahe, lengkuas, temulawak, kunyit dan rumput. 

4. Umbi lapis contohnya bawang merah, bawang bombay, bawang putih, bunga bakung dan bunga tulip. 

5. Umbi batang contohnya ubi jalar dan kentang. 

6. Umbi akar contohnya Bunga Dahlia dan wortel. 

7. Geragih contoh tumbuhan bergeragih yaitu rumput teki. 

8. Tunas Contohnya yaitu pisang.

B. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan. 

Perkembangbiakan secara vegetatif buatan yaitu makhluk hidup baru terbentuk dengan adanya bantuan manusia. Adapun beberapa cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan yaitu :

1. Cangkok

2. Setek

3. Tempel (okulasi) 

4. Sambung pucuk (enten) 

5. Runduk



Sumber : Haryanto. Drs., 1999, Ilmu Pengetahuan Alam, Penerbit Erlangga, Jakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN"

Post a Comment